jump to navigation

PEMUJA CINTA RELA MATI UNTUK ITU? 10 October, 2008

Posted by jaringmalam in Tragedi Cinta.
trackback

yukdugem, angka kematian akibat putus cinta ternyata menjadi penyebab terbesar kedua, seiring sejalan dengan faktor ekonomi yang masih benjadi juaranya, kenapa ada orang yang nekad melakukannya? data dari RS. DR. Sutomo, surabaya angka kematian karena bunuh diri akibat cinta rata-rata 5 orang pada setiap bulannya dan seluruhnya adalah remaja.

“Sungguh aku bersungguh-sungguh, Cintaku ini cinta mati, Mati-matian aku, Pertahankan cintaku “, sepenggal lagu dewa cinta gila, sebuah perasaan yang begitu ter-ekstasi mengharu biru, ketika belahan jiwanya telah ditemukan. 

Menurut sigmund freud seorang neurolog austria dan pendiri aliran psikoanalisis, gerakan yang memopulerkan teori bahwa motif tak sadar mengendalikan sebagian besar perilaku. Selain itu ia juga memberikan pernyataan pada awalnya bahwa prilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas pada awalnya (eros) yang pada awalnya dirasakan oleh manusia semenjak kecil dari Ibunya. Pengalaman seksual dari Ibu, seperti menyusui, selanjutnya mengalami perkembangannya atau tersublimasi hingga memunculkan berbagai prilaku lain yang disesuaikan dengan aturan norma masyarakat atau norma Ayah. Namun dalam perjalanannya setelah kolega kerjanya Alferd Adler, mengungkapkan adanya insting mati didalam diri manusia, walaupun Freud pada awalnya menolak pernyataan Adler tersebut dengan menyangkalnya habis-habisan, namun pada akhirnya Freudpun mensejajarkan atau tidak menunggalkan insting seksual saja yang ada didalam diri manusia, namun disandingkan dengan insting mati (Thanatos). Walaupun begitu dia tidak pernah menyinggung asal teori tersebut sebetulnya dikemukakan oleh Adler awal mulanya.

Perasaan cinta, baik itu secara seks pada awalnya akan berakhir pada yang namanya hasrat ingin memiliki, rasa yang begitu mendalam hingga tidak dapat dikendalikan lagi, kematian menjadi solusinya.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: