jump to navigation

SITI NURBAYA 13 October, 2008

Posted by jaringmalam in Tragedi Cinta.
trackback

 

Yukdugem.com, mitos atau fakta? Kisah cinta yang begitu kental dan syarat dengan tragedi. Sebuah pemaknaan yang mendalam dari sebuah kepatuhan atas penentuan takdir cinta (red:hidup). Kisah yang berlatar belakang budaya sumatera barat pada abad 19, dimana bahasa cinta tabu bagi perempuan untuk diperjuangkan bahkan dibicarakan saja tidak boleh.

Hukum adat begitu tinggi dijunjung oleh masyarakat sumatera barat hingga saat ini dalam hal perjodohan, patut dipertahankan atau tidak? Melihat dari kacamata budaya, maka kita akan menemukan sebuah pesan tersirat yang memaknai ketundukan anak atas titah orang tua dalam urusan percintaan sekalipun.

Didalam masyarakat modern saat ini sekalipun urusan perjodohan masih terus berlangsung, tentu tidak dapat menilai dengan nyinyir mengenai baik tidaknya perjodohan, tetapi yang jelas penentuan takdir atas hidup tidak bisa dikesampingkan begitu saja, dengan membiarkan memilih maka ada sebuah tanggung jawab pribadi atas baik hidupnya orang yang memilih dengan merdeka takdir cintanya.

Pemerkosaan dan pengkerdilan atas peran wanita dalam menentukan cinta nampaknya sudah harus diperhatikan oleh tetua-tetua adat disumatera barat, kehadiran tokoh-tokoh kunci republik ini seperti hatta, tan malaka, syahril sampai hamka masih belum menemukan titik terang atas dominasi adat disumatera barat.

Cukup Siti Nurbaya, lirik lagu dewa yang mengingatkan orang tua bahwa cinta tidak dapat dipaksakan dan dihalang-halangi, keluhuran terdalam manusia dimana telah ditiupkan roh yang suci, kemurniannya membuat sejarah manusia terhentak akan tiran, ambisi dan hasrat tuk berkuasa dan menguasai jagat alam.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: